Istilah Cheerleading

Berikut adalah beberapa istilah dalam Cheerleading yang wajib kamu kenal. Istilah-istilah ini adalah istilah resmi yang digunakan oleh semua organisasi Cheerleader di seluruh dunia. Jadi kalopun kamu ngomong tentang Cheers sama Cheerleaders dari Zimbabwe pun, pasti mereka menggunakan istilah yang sama. =)

Shoulder SIt
Shoulder Stand
Thigh Stand
Shoulder Sit
Ini adalah salah satu stunt dasar dalam Cheerleading. Flyer duduk di bahu base, dengan menjepit kakinya ke belakang pundak base. Tangan base memegang paha flyer, sedikit ditekan ke bawah untuk menambah kestabilan.
Shoulder Stand
Flyer berdiri di bahu base, dengan mengunci badannya agar tetap seimbang. Tangan base memegang belakang betis base dengan erat untuk menambah kestabilan. Dapat digunakan supporting base di belakang untuk membantu memegang lutut flyer.
Thigh Stand
Sesuai namanya, flyer berdiri di paha (thigh) dari base. Dua orang base dalam posisi lunge (satu kaki menekuk dan satu lurus), dan flyer berdiri di atasnya. Perhatikan agar flyer menginjak di bagian sekitar saku celana dari base, jangan terlalu ke bawah atau ke atas.

Half Extension Heelstretch
Elevator/Half Extension
Elevator, atau Half Extension, atau Prep, adalah salah satu stunt yang paling sering digunakan dalam Cheerleading. Minimal harus dilakukan oleh 3 orang base yang selalu melihat ke arah flyer sepanjang stunt dilakukan. Lihat artikel lainnya tentang Elevator.
Heelstretch
Di Indonesia seringkali disebut dengan "Balance" atau "Toes up" atau banyak lagi istilah lainnya. Bukannya salah, hanya saja lebih baik gunakan istilah Cheerleading untuk bentuk gymnastic ini, yakni Heelstretch. Yang perlu diperhatikan yakni lutut yang menginjak tanah jangan menekuk..
Scorpion
Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia mungkin agak lucu, yakni "kalajengking", namun memang bentuk gymnastic ini menyerupai ekor kalajengking yang menekuk ke atas. Sebagai variasi dari gambar di atas, bisa juga satu tangan menunjuk ke arah depan.

Sementara itu dulu, ya, nanti kami sambung lagi Istilah Cheerleading yang lainnya. See u!

Catatan : Motion di atas diperagakan oleh Vanquisher


Kembali ke Halaman Utama